Jumat, 10 Februari 2012

KEUTAMAAN DAN KEDUDUKAN MASJID


KEUTAMAAN DAN KEDUDUKAN MASJID
Masjid adalah bangunan yang di utamakan oleh Allah SWT sesuai dengan firman-Nya dalam surat al-Zain ayat 18 yang artinya “Dan sesungguhnya masjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu menyembah seseorang pun didalamnya selain menyembah seseorang pun di dalamnya selain menyembah Allah.” Selanjutnya dalam firman Allah SWT lainnya yakni dalam surah an-Nuur ayat 36 yang artinya “Bertasbih kapeda Allah di masjid masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut nama-Nya di dalamnya, pada waktu pagi dan petang.”
                Sedangkan kedudukan masjid dalam rangkaian sejarah yang panjang, bukanlah sebuah bangunan fisik lambang tempat beribadah umat islam semata, melainkan memiliki makna yang luas, paling tidak terdapat tiga tujuan utama
1.       Berkaitan dengan aspek individual; terciptanya umat yang beriman dan bertakwa sesuai dengan firman Allah SWT dalam al-qur’an surah al-Hujarat 15 dan al-Maidah 13.
2.       Berkaitan dengan aspek sosial kemasyarakatan; membentuk umat yang siap menjalankan kehidupan sosial dalam berbagai situasi dan kondisi yang diadapi dalam berbangsa dan bernegara sesuai dengan firman Allah dalam Al-qur’an surat ar-Radd 11, al-Ahkaf 23.
3.       Berkaitan dengan fisik; bangunanya sebagai perbukitan ketauhidan dan kekokohan jalinan social kontruktif dan produktif yang terkait erat dengan lingkungan sekitarnya yang berkesimbangan dalam pemenuhan kebutuhan hidup bersifat duniawi dan ukhrawi, sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al-qur’an surat at-Taubah 18 dan 105 (Drs. H.Lukman Hakim, Pemberdayaan Masjid di Masa Depan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar